BUDIDAYA TERNAK BURUNG CANARY

Sejarah Burung Kenari

Burung kenari (serinus Canaria) merupakan burung asli Kepulauan Canary di samudera atlantik di sebelah barat laut pesisir afrika (maroko dan sahara barat). Kepulauan ini termasuk kedalam wilayah spanyol dan merupakan salah satu kominitas otonomi daerah itu.

Burung kenari pertama kali ditemukan oleh penjelajah perancis, Jean de Bethencourt di kepulauan tersebut pada tahun 1402. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya, Jean de Bethencourt dan Henry the navigator membawa burung kenari liar ke Portugal dan Inggris.

Hingga 1495 canary telah jatuh ketangan spanyol dan sejak itu bangsa spanyol menguasai perdagangan kenari. Namun selanjutnya bangsa italia yang mengembangkan kenari dan mengekspornya ke berbagai negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Rusia.

Keanekaragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canaria.

Banyaknya jenis burung kenari ini dipengaruhi kondisi alam atau karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu. Dalam perkembangannya kenari telah banyak diimpor dan dikembangbiakkan di berbagai negara, termasuk indonesia.

Selain itu burung kenari yang ada saat ini merupakan hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh para penyuka burung kenari selama berabd-abad lamanya. Karena itu saat ini sudah tidak ada burung kenari yang asli dari alam bebas.

Dengan rekayas genetika yang dilakukan oleh para pecinta burung kenari ini, terutama dari negara-negara eropa, burung kenari telah bermutasi, dan telah dihasilkan berbagai macam burung kenari baru.

Contohnya bangsa jerman mengembangkan burung kenari jenis baru yang diberi nama German Hartz Roller canary(harzer Roller). Burung kenari ini juga biasa disebut kenari Harzer karena banyak dikembangbiakkan di pegunungan hartz.

Belgia sebagai negara tetangga jerman juga berhasil mengembangkan burung kenari penyanyi bersuara merdu sebagai jenis yang paling di segani diarena kontes burung kenari penyanyi karena suaranya yang merdu dan memiliki sekitar 17 ragam suara. Burung kenari ini disebut Belgian Waterslager atau malinois, yang terkenal sebagai burung kenari penyanyi yang bersuara merdu.

Selain untuk dinikmati kemerduan kicauannya, burung kenari juga pernah digunakan dalam sistem peringatan dini untuk mendeteksi gas beracun, seperti karbondioksida, didalam penambangan batubabara di

Britania Raya. Namun penggunaan kenari dipertambangan akhirnya dihapuskan dan baru berakhir pada tahun 1986.

Jenis kenari lain yang berhasil di kembangkan di Eropa, diantaranya YorkShire, Border, Lizard, dan Gloster.

Negara-negara di luar eropa yang berhasil menciptakan jenis baru adalah

- Amerika Serikat dengan American Singr Canary

- Iran dengan Persian Canary

- Rusia dengan Russian singer Canary

Sedangkan indonesia termasuk negara penggemar kenari yang belum berhasil menciptakan jenis atau strain kenari khas indonesia.

Di indonesia burung kenari sudah lama dikenal dan penggemarnya sudah banyak mengawinsilangkan kenari yang bersuara merdu. Namun belum berani menampilkan jenis kenari hasil silangan yang menjadi ciri khas indonesia, seperti layaknya iran yang terkenal dengan kenari

Persia-nya.

Dari hasil pengamatan hanya ada beberapa yang mampu menghasilkan jenis baru yang lebih unggul baik dari segi bentuk maupun suaranya.

Inipun jarang sekali untuk dapat mempertahankan sampai keturunan berikutnya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keduanya.

Di Indonesia, menghasilkan kenari jenis yang baru hanya sebatas uji coba, tidak seperti yang dilakukan orang eropa yang dapat menghasilkan jenis baru dan mempertahankan jenis baru tersebut sampai keturunan berikutnya.

Sebagian penggemar kenari di indonesia mencoba melakukan kawin silang antara beberapa jenis kenari. namun, hanya sebatas mencari keturunan bersuara bagus atau mudah dididik untuk diisi dengan suara burung lain, hal ini mungkin karena sebai besar pemain kenari indonesia adalah pemain lapangan yang mengutamakan kualitas suaranya.

Cara Ternak

Tips ternak kenari

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

Adapun cirinya yaitu :

1. Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas sudah mulai belajar bunyi / ngriwik.

2. Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat.

3. Anus jantan bila dilihat ( dengan cara ditiup agar bulu disekitar tidak menghalangi) menonjol tegak lurus /vertikal, jika betina sebaliknya / horisontal.

4. Jantan dewasa berbunyi nyaring dan nge roll.

Membedakan Jenis Kelamin Kenari (Sexing)

Beberapa peternak burung kenari memiliki pengalaman dalam membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung kenari. Berikut cara yang sering dilakukan untuk membedakan jenis kelamin burung kenari :

1. Melihat Fisik

Metode ini dinilai paling praktis karena penentuan jenis kelamin cukup dengan melihat secara fisik. namun metode ini kadang sering menemui kesalahan dan terjadi perbedaan penilaian. Karena itu, metode ini perlu pengalaman yang luas. cara membedakan secara fisik salah satunya dengan melihat dubur atau kelamin burung.

2. Menggunakan Pendulum

Metode ini berprinsip dengan kaidah grafitasi dan magnetik bumi. konsep dasarnya adalah gaya tarik menarik dan tolak menolak.

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini adalh peniti atau jarum yang digantung pada benang sepanjang 25 cm.

Selain peralatan, terdapat beberapa kondisi yang harus dipenuhi dalam melakukan metode ini, yaitu

- Gerakan pendulum tergantung darim kandungan hormonal burung, semakin dewasa atau sempurna kandungan hormonal, gerakan semkin kuat. karena itu pengujian sebaiknya tidak dilakukan pada burung kenari yang belum dewasa, karena kandungan hormonalnya belum sempurna. Minimumumur burung kenari yang bisa di uji dengan metode ini sekitar 4 bulan. Karena alasan inilah mengapa metode inisangat bagus untuk menentukan kesiapan burung yang akan dilakukan breeding.

- Selama melakukan pengujian dengan metode ini jauhkan benda-benda yang bersifat logam dari lokasi pengujian dengan jarak minimum 8 – 10 m. Benda-benda yang bersifat logam bisa berpengaruh terhadap hasil pengujian.

- pastikan pula selama pengujian, pendulum tidak terkena angin yang bisa mempengaruhi gerakannya.

- Gunakan logam untuk pengetesan, seperti alumunium, tembaga emas, besi, timah, perak, titanium, uranium, dan zink. jarum atau peniti juga bagus untuk digunakan.

Setelah peralatan disiapkan dan kondisi lingkunga disesuaikan, pengujian jenis kelamin bisa dilakukan.

Caranya yaitu :

- Pegang burung kenari yang ingin diketahui jenis kaelaminnya. usahakan tangan tidak bergoyang, agar jarum atau peniti tersebut benar-benar dalam kondisi diam.

- Gantung peniti dekat dahi atau dubur burung sekitar 2 cm jaraknya dari dahi atau dubur burung kenari tersebut.

- Tahan jangan bergerak maka peniti akan bergoyang.

Apabila jarum atau peniti bergerak kekiri kekanan seperti bandul lonceng dan gerakannya tegas, mengindikasikan bahwa burung kenari tersebut berkelamin jantan

Apabila jarum atau peniti tersebut bergerak berputar melingkar, mengindikasukan bahwa burung kenari tersebut berkelamin betina.

Memilih Kenari Indukan

Tujuan utama Beternak burung kenari adalah selain untuk mengembangbiakkan burung kenari, juga untuk memperbaiki kualitas burung kenari itu sendiri. Jadi dalam memilih kenari indukan ini perlu diperhatikan agar mendapatkan keturunan yang lebih baik. Biasanya para peternak kenari ini akan memilih burung kenari yang memiliki bentuk fisik yang tegap dan suara yang merdu.

Akan tetapi kadang-kadang banyak peternak yang kesulitan dalam memilih burung kenari betina yang bagus. Mungkin hal ini disebabkan karena burung kenari betina memang tidak berkicau seperti burung kenari jantan, sehingga sulit mengetahui apakah burung kenari tersebut pembawa gen burung kicauan yang baik atau tidak. Secara genetik terbukti bahwa induk burung kenari betina berpotensi dalam menentukan kualitas kicauan anakannya. tetapi kenyataannya banyak peternak burung kenari hanya memperhatikan kualitas burung kenari jantannya saja untuk mendapatkan anakan yang berkualitas bagus.

Jika anakan burung kenari jantan yang dihasilkan dari perkawinan tersebut ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, seringkali peternak akan mengatakan bahwa kenari betinanya tidak cocok dengan kenari jantan.

Padahal selain pada anakan burung kenari jantan, potensi anakan pada burung kenari betina pun, sebenarnya memiliki potensi yang bagus untuk menghasilkan anakan burung kenari jantan yang bagus di kemudian hari.

Burung kenari betina memiliki kromosom ZW yang berperan penting dalam menentukan jenis kelamin anaknnya.

Kromosom W akan diteruskan oleh anakan burung kenari betina, kromosom Z akan diteruskan oleh anakan burung kenari jantan.

Dengan meneruskan kromosom Z keketurunan yang berjenis kelamin jantan, berarti betina tersebut mewariskan kicauan indah yang berasal dari “ayah” kenari betina ke anakan kenari jantannya tersebut.

Oleh Karena itu jika peternak memilih burung kenari betina, sebaiknya tidak melihat dari kualiatas nyanyian saudaranya, tetapi dari kualitas nyanyian bapaknya.

Sarana Penunjang dalam beternak.

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini

sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

Pakan utama burung kenari

Meskipun Burung kenari pada umumnya mudah untuk makan, akan tetapi pakan yang diberikan kepada kenari harus seimbang kandungan gizinya. Pemberian pakan ini berlaku untuk kenari kontes maupun kenari indukan.

Pakan utama yang diberikan merupakan campuran dari berbagai macam biji-bijian. Biji-bijian yang biasa digunakan untuk pakan burung kenari ini diantaranya adalah biji kenari, biji niger, biji sawi, milet putih, otek bangkok, dan biji flax (Iin seed).

Diluarnegeri terdapat biji-bijian yang tidak ada di indonesia, seperti biji gandum, blue seed, dan biji rami (hemp seed). Biji-bijian ini tidak banyak digunakan oleh penggemar burung diindonesia dan sulit ditemui dipasaran karena harganya mahal dan masih bisa diganti kegunaannya dengan biji lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus terhadap burung kenari, setiap penggemar burung kenari mempunyai resep tersendiri dalam meramu pakan biji-bijian tersebut. Namun ada pula penggemar burung kenari yang membeli pakan dalam bentuk siap pakai yang dikemas dalam plastik, kardus atau kaleng.

Tip kebersihan pakan kenari

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam masalah biji-bijian pakan burung kenari adalah kebersihan dan kesegaran biji-bijian tersebut. Pakan biji yang tidak higienis bisa menyebabkan burung kenari menjadi sakit, bahkan mati. Untuk memnghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, berikut ini beberapa tip kebersihan pakan kenari, salah satu cara untuk mendeteksi kesegarannya, bisa dengan cara “mencicipinya” sedikit biji-bijian pakan tersebut.

Apabila terasa pahit atau berbau tidak enak, berarti biji-bijian pakan tersebut sudah tidak segar lagi atau terlalu lama disimpan. Ciri biji-bijian pakan kenari yang bagus berbau wangi dan terlihat segar.

Salah satu cara membersihkan biji-bijian pakan burung kenari bisa dengan menggunakan ayakan tepung gandum atau memakai tampah.

Untuk menambah kandungan nutrisi biji-bijian pakan kenari bisa dengan mencampur minyak ikan pada biji-bijian tersebut.

Jenis Sangkar Kenari

Sangkar burung kenari secara umum bisa dibagi menjadi tiga macam, yakni sangkar soliter, sangkar ternak, dan sangkar umbaran.

- Sangkar Soliter

Sangkar soliter digunakan untuk memelihara satu ekor kenari dalam satu sangkar. Biasanya sangkar soliter dipakai untuk sehari-hari, kontes dan latihan bersama.

Selain untuk kenari dewasa, sangkr soliter juga di gunakan untuk anakan kenari yang sedang disapih. Sangkar soliter yang biasa dipakai berukuran 40 X 40 X 70 cm.

bentuk sangkar soliter ada yang berbentuk kotak persegi panjang dan ada pula yang cembung bagian atapnya.

- Sangkar ternak

Sangkar ternak merupakan sangkar yang digunakan selama masa perjodohan sampai masa anakan bisa di sapih.

Saat menernakan kenari harus di pelihara dalam sangakar yang cukup besar dan paling tidak mempunyai dua tangkringan

Disarankan satu tenggeran ditempatkan didekat sarang agar saat belajar mandiri, anakan bisa belajar bertengger disana. Selain sarang, tempat pakan dan minum harus tersedia.

Bentuk sangkar ternak biasanya persegi panjang dengan ukuran sekitar 60 X 40 X 40 cm. hal yang penting kandang tersebut harus muat untuk dua kenari dan anaknya serta bisa dijadikan sarana untuk menjodohkan kenari.

- Sangkar Umbaran

Kenari betina, kenari yang sedang mabung, dan kenari yang sedang dilatih bisa diletakkan dikandang umbaran, terutama bagi anakan yang harus dipelihara sampai bulu mudanya berganti dengan bulu dewasa.

Anakan kenari yang sudah mandiri juga bisa dipelihara dalam sangkar ini.

Sangkar umbaran biasanya berukuran 150 X 50 X 65 cm. Sangkar ini berguna untuk memberikan kesempatan pada kenari agar bergerak bebas sehingga tetap sehat dan bugar.

Diluar negeri kandang ini disebut juga voliere karena biasa digunakan untuk memelihara burung dalam jumlah banyak. Diluar negeri mengalami masa mabung secara bersamaan, yakni pada musim panas. Untuk memudahkan pemeliharaannya, semua kenari tersebut dimasukkan kedalam sangkar umbaran.

Penempatan Sangkar Kenari

Penempatan sangkar kenari termasuk hal penting yang harus diperhatikan oleh pehobi burung kenari, karena penempatan sangkar kenari yang sembarangan akan membuat burung kenari menjadi tidak nyaman.

Penempatan sangkar kenari sebaiknya di tempat yang terang atau mempunyai banyak cahaya akan tetapi tidak panas. Perlu diketahui juga burung kenari tidak terlalu suka tiupan angin langsung yang kuat.

Apabila meletakkan sangkar diluar ruangan, usahakan letakkan di dekatkan dinding untuk menghalangi tiupan angin yang terlalu kencang.

Apabila sangkar kenari diletakkan didalam ruangan, ruangan harus memiliki ventilasi yang cukup tapi tidak terlalu besar yang penting bisa mengalirkan udara dan menjaga suhu ruangan.

Burung kenari termasuk burung yang sensitif terhadap gas dan racun lainnya, sehingga harus berhati2 dalam menggunakan pengharum udara, pewangi, parfum, dan bahan lain yang mudah menguap.

Hal lain yang perlu di perhatiak adalah agar semut tidak masuk kedalam sangkar, karena selain mencemari pakan semut juga bisa mengganggu kesehatan burung kenari. Cara menghindari semut bisa dengan memaparkan kapur anti semut disekitar gantungan sangkar kenari.

Proses penjodohan.

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka

langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll, Dijemur setiap pagi. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.

Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya

Perawatan

Mabung atau dikenal juga dengan sebutan ganti bulu merupakan proses yang terjadi secara alami pada semua jenis burung dalam menghadapi perubahan kondisi lingkungan dan masa umur burung.

Penyebab utama mabung belum diketahuai secara menyeluruh, tetapi menurut beberapa pehobi burung, mabung terjadi karena perpaduan antara usia, lama cahaya matahari menyinari burung tersebut, tingkat hormon, dan aktivitas burung.

Mabung pada kenari umumnya terjadi sekitar selama satu bulan, tergantung karakter burung kenari tersebut.

Tahapan Merawat Kenari

Burung kenari membutuhkan perhatian yang serius dari peternak, mulai sejak menetas hinggga dewasa atau semasa dalam perawatan oleh induknya.

Setelah berumur 25 – 30 hari, anakan burung kenari biasanya sudah bisa makan sendiri dan dipisah dari induknya. karena itu, pada saat anakan sudah bisa makan biji-bijian sebaiknya dipisah ketempat lain agar indukan bisa meneruskan perjodohan.

Namiun apabila anakan burung kenari belum terbiasa makan sendiri, sebaiknya diberikan pakan yang mudah dimakan, seperti telur rebus, tepung roti, sayur atau buah-buahan. jenis sayuran yang bisa diberikan adalah selada air, kangkung dan sawi. Sementara itu, jenis buah-buahan yang diberikan adalah apel, pir dan pepaya.

Selain pakan, pemberian air minum pun harus diperhatikan. Usahakan air minum untuk burung kenari ini selau segar dan bersih. tambahkan pula vitamin, seperti suplemen Gacor dan Vitalur, dua kali seminggu. Gacor diberikan 5 tetes dalam 20ml air minum, sedangkan vitalur diberikan saru tetes dalam 50 ml air minum atau 1 ml dalam 1 liter air minum.

Setelah berumur 1 – 6 bulan atau mulai beranjak remaja, burung kenari bisa ditempatkan didalam sangkar yang lebih besar agar kondisinya lebih baik dan merasa bebas, yakni dikandang umbaran.

hal yang perlu diperhatikan, saat melepaskan burung kenari dikandang umbaran, umur burung kenari dalam kandang tersebut harus sama.

Jika didalam kandang tersebut terdapat burung kenari yang sudah dewasa dan berkicau, kicauannya itu akan sangat mempengaruhi burung kenari remaja. Akhirnya burung kenari remaja tersebut akan menirukan suara yang pertama kali didengarnya.

Namun jika memang ingin mengisi suara burung kenari tersebut bisa juga dimasukkan dalam kandang tersendiri sehingga mudah melakukan pemasterannya.

Setelah berumur 6 atau 7 bulan, diusia ini biasany burung kenari sudah memasuki usia dewasa atau memasuki usia kawin. Biasanya pada usianya ini burung kenari sudah bisa berkicau merdu dan menirukan suara-suara burung lain. pada periode ini pemeliharaan memang tidak terlalu kritis seperti pada masa penyapihan. namun pemeliharaan harus tetap ekstra hati-hati.

Burung kenari yang sudah dewasa sebaiknya ditempatkan disangkar individu agar mendapat perawatan khusus. Burung kenari sebaiknya diperlakukan dengan hati-hati dan jangan sembarang meletakkan dekat dengan burung jenis lain, karena akan menyebabkan suara burung kenari tersebut akan menjadi “bocor” sehingga sulit untuk memaster kembali. Banyak pecinta kenari enggan memaster ulang burung kenari yang sudah bocor suaranya sehingga tidak bisa digunakan untuk kontes lagi. Burung kenari tersebut biasanya hanya digunakan sebagai indukan atau sekedar didengar suaranya.engkok jenis besar mempunyai frekuensi mabung dua tahun sekali.

Tips ternak kenari bagi pemula (lanjutan)

Setelah masa penjodohan berjalan dengan baik dimana induk jantan dan betina sudah terlihat akur kadang-kadang saling meloloh, proses selanjutnya yaitu mengkondisikan agar indukan bisa bertelor dan merawat anak dengan baik. Tidak lama setelah indukan di masukkan kedalam kandang ternak kenari betina akan bertelor, pada saat indukan kenari bertelor harus kita perhatikan beberapa hal diantaranya jika indukan kenari betina baru pertama kali bertelor harus hati-hati dalam penangannya. Jika salah dalam penangan bisa berakibat patal. Kita sebagai peternak jangan terlalu sering menengok sangkar ternak terutama pada saat induk betina sedang mendekam di sarang jangan sekali-kali memaksa melihat telor. Pada saat indukan sedang bertelor jangan lupa menyediakan tulang sotong atau kalsium makanan jangan sampai telat dan gizinya harus mencukupi.

Telor kenari akan menetas 14 hari setelah dierami, dua atau tiga hari menjelang telor menetas indukan harus dibiasakan diberi pakan lunak untuk anak-anak kenari. Makanan lunak ini yaitu biskuit, telor puyuh, taoge dll. Menurut informasi dari internet peternak-peternak luar negeri pada saat indukan meloloh anak suka memberi kecambah (taoge). kecambah sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. Dengan diberi kecambah anak kenari cepat besar dan sehat. Kebiasaan memberikan kecambah pada anak-anak kenari dilanjutkan sampai anak kenari bisa makan sendiri.

Adapun cara membuat kecambah yaitu pakan bijian seperti canary seed, millet putih, biji sawi di masukkan ke mangkuk kemudian dicuci sampai bersih. Setelah pakan dicuci bersih kemudian buang air dari mangkuk, jika air sudah terbuang semua mangkuk yang berisi pakan yang sudah dicuci bersih ditutup dengan kain basah. Diamkan sampai 1 malam periksa pakan apakah biji kenari, millet dan buah sawi sudah menjadi kecambah atau belum, jika belum cuci

bijian tersebut kemudian ditutup kembali dengan kain basah.

Kecambah diberikan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemberian kecambah pada sore hari jangan terlalu banyak cukup habis dimakan 1 atau 2 jam jangan sampai ada kecambah yang tertinggal semalaman karena takutnya malah menjadi bibit penyakit.

Selain diberi kecambah jangan lupa setiap hari diberi telor puyuh secukupnya, kalau telor cukup sehari 1 kali. Telor puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari, telor puyuh diberikan sampai anak-anak kenari usia 2 bulan. Untuk usia 2 bulan keatas telor puyuh dikurangi, efek pemberian telor puyuh menjadi anak kenari gendut-genduk. Pada usia 3 bulan keatas kenari diharapkan jangan terlalu gendut karena biasanya kalau kegendutan akibatnya malas bunyi.

Anak kenari akan tingal di sarang selama 21 hari, tetapi sebelum usia 21 hari anak-anak sudah bertengger di bibir sarang…..

Kendala-kendala dalam beternak kenari.

Beternak kenari merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa proses yang saling berkaitan, peternak diharapkan sabar dalam menjalani setiap proses yang dilalui. Dalam setiap proses ada beberapa hambatan yang cukup mengganggu, peternak harus bisa memecahkan setiap kendala. Banyak hambatan yang anda hadapi diantaranya :

Induk betina tidak mau bertelor penyebabnya bisa bermacam-macam di antaranya usia masih muda, tempat sarang kurang nyaman bagi induk kenari, ada binatang pengganggu.

Telor tidak menetas penyebabnya terdiri dari beberapa faktor yaitu indukan terlalu muda, birahi kedua indukan tidak bersamaan, indukannya steril, pada saat kawin tidak terjadi pembuahan dll.

Telor menetas tetapi anaknya mati setelah menetas penyebabnya yaitu indukan kurang gizi, ada binatang pengganggu sehingga induknya tidak mau meninggalkan sarang akibatnya anaknya tergencet.

Ada kebiasaan induk mencabuti bulu muda anaknya penyebabnya karena induknya sudah merasakan enaknya bulu muda dari anaknya, untuk menghilangkan kebiasaan ini cukup sulit pendapat saya lebih baik indukan diganti.

Penyakit Jamuran

Penyakit Jamuran pada burung kenari biasanya sering menyerang bagian kaki, sehingga kaki yang terserang penyakit ini akan tampak bersisik seperti pertumbuhan jamur yang berwarna putih.

Oleh karena itu para penggemar burung kenari bias menyebut penyakit ini dengan penyakit jamur atau jamuran. Namun penyebab penyakit ini adalah tungau yang menginfeksi bagian jari.

Penyebab utama penyakit ini adalah keadaan sangkar yang kurang terjaga kebersihannya, khususnya tempat bertenggernya burung kenari

Gejala Penyakit Jamuran

Pada jari-jari kaki burung kenari akan ada pertumbuhan kerak kulit seperti jamur berwarna putih kearah samping.

Apabila berlanjut penakit ini pertumbuhan kerak kulit tersebut semakin tebal dan memanjang sehingga kaki kenari terlihat tebal dan sulit mencengkram tenggeran.

Cara Mengobati Penyakit Jamuran

Untuk mengobati penyakit jamuran pada burung kenari ini, dapat di berikan obat No Kutu. Cara memberikannya yaitu dengan car mengoleskan obat tersebut kejari jemari burung kenari yang terdapat kerak putih tersebut. Cukup dioles satu kali pada sore atau malam hari. Biasanya dalam waktu sepuluh hari setelah pengobatan jamur dijari kaki akan ronto atau hilang.

Berak Kapur

Penyakit berak kapur ini di sebabkan oleh bakteri Salmonella Pullorum. Bakteri ini menyerang saluran pencernaan.

Penyakit berak kapur juga dikenal dengan Salmonellosis atau Pullorum.

Gejala Penyakit Berak Kapur

Burung kenari yang terjangkit penyakit ini bisa diketahui antara lain tanda-tandanya yaitu:

• Kotorannya berbentuk cair dan berwarna putih seperti kapur

• Nafsu makannya menurun

• Mukanya pucat

• Bulunya kusut tidak teratur

• Sayapnya biasanya menggantung

• Kelihatan tidak bergairah

• Pada stadium tertentu kenari sulit membuang kotoran

Pengobatan Penyakit Berak Kapur

Untuk mencegah penularan segera pisahkan dari burung kenari lainnya. Burung kenari yang sudah terkena penyakit ini segera diberi antibiotik Spektra secara intensif 3x sehari yaitu pagi, siang dan sore, masing-masing dua tetes langsung kedalam mulut burung kenari sakit tersebut.

Perlu diperhatikan juga pemakaian antibiotik ini tidak boleh sembaranga karena bisa berakibat fatal.

Cara memberi obat :

Untuk memudahkan memberi obat, yaitu jepit kepala burung kenari oleh ibu jari dan jari telunjuk. lalu obat diteteskan dari samping paruh agar obat bisa mengalir masuk kedalam mulut burung kenari tersebut.

Obat diberikan selama lima hari. untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya kenari banyak diberi buah apel.Pemberian pakan berupa telur atau kroto untuk sementara dihentikan.

Pencegahan penyakit berak kapur ini hampir sama dengan pencegahan penyakit kenari secara umum yaitu harus selalu menjaga kebersihan sangkar, makan dan minuman burung kenari.Usahakan sangakar selalu dibersihkan tiap hari dengan disinfektan atau bioseptik.Tempat makan dan minum dibersihkan setiap dua hai sekali.Air minum selalu diganti dengan air matang bersih dan sehat.

Ciri ciri kenari sakit

Burung Kenari biasanya baru kelihatan sakit apabila penyakit yang dideritanya sudah cukup parah.

Padahal untuk melaukan pengobatan pada burung kenari sakit, sebaiknya pada saat sakitnya masih belum parah.

Jadi sebelum burung kenari sakit parah kita harus mengetahui gejala awal burung kenari sakit. Adapun ciri-ciri burung kenari sakit diantaranya :

• Bulu kenari yang sakit biasanya kelihatan kusam (tidak mengkilap) ,kotor.

• Bulu-bulunya terlihat merinding terutama di sekitar kepala dan leher.

• Sorot mata kenari kelihatan sayu tidak bersemngat, bahkan kadang-kadang matanya suka terpejam seperti lagi tidur.

Jadi apabila anda melihat ciri-ciri burung kenari seperti diatas maka usahakan tanggulangi secepatnya dengan memberi obat yang sesuai dengan penyakitnya, Setelah kenari diberi obat langkah selanjutnya yaitu :

- Memberikan ketenangan

Upaya ini biasanya dilakukan dengan cara menjuhkan dan mengerodong sangkar burung kenari sakit tersebut, juga berguna agar tidak terjadi penularan pada kenari yang lain.

- Memberikan kehangatan

Supaya suhu dikandang menjadi hangat biasanya dipasang lampu dengan daya kurang lebih 40 – 50 watt atau bisa disesuaikan dengan daerah anda.

- Memberikan pakan ektra

Burung Kenari yang lagi sakit rata-rata tidak mau makan, untuk meningkatkan napsu makan bisa diberi makanan yang disenangi kenari seperti telor puyuh, biji sawi atau makanan lainnya.

Bahkan pada kasus-kasus tertentu kita harus menyuapi burung kenari agar mau makan, makanan yang diberikan harus yang mudah dicerna biasanya berbentuk bubur.

- Memberikan minuman

Burung Kenari sakit juga jarang mau minum, oleh karena itu kita harus membantu burung kenari sakit tersebut agar mau minum,

Adapun caranya bisa dibantu memberi minum dengan cara meneteskan air ke mulut kenari, ketika meneteskan air ke mulut kenari harus hati-hati jangan sampai masuk ke rongga pernapasan.

Ketika kenari sakit kalau tidak ingin repot bisa memasukkan obat ke dalam air minum kenari.

Sejarah Burung Kenari

Burung kenari (serinus Canaria) merupakan burung asli Kepulauan Canary di samudera atlantik di sebelah barat laut pesisir afrika (maroko dan sahara barat). Kepulauan ini termasuk kedalam wilayah spanyol dan merupakan salah satu kominitas otonomi daerah itu.

Burung kenari pertama kali ditemukan oleh penjelajah perancis, Jean de Bethencourt di kepulauan tersebut pada tahun 1402. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya, Jean de Bethencourt dan Henry the navigator membawa burung kenari liar ke Portugal dan Inggris.

Hingga 1495 canary telah jatuh ketangan spanyol dan sejak itu bangsa spanyol menguasai perdagangan kenari. Namun selanjutnya bangsa italia yang mengembangkan kenari dan mengekspornya ke berbagai negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Rusia.

Keanekaragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canaria.

Banyaknya jenis burung kenari ini dipengaruhi kondisi alam atau karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu. Dalam perkembangannya kenari telah banyak diimpor dan dikembangbiakkan di berbagai negara, termasuk indonesia.

Selain itu burung kenari yang ada saat ini merupakan hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh para penyuka burung kenari selama berabd-abad lamanya. Karena itu saat ini sudah tidak ada burung kenari yang asli dari alam bebas.

Dengan rekayas genetika yang dilakukan oleh para pecinta burung kenari ini, terutama dari negara-negara eropa, burung kenari telah bermutasi, dan telah dihasilkan berbagai macam burung kenari baru.

Contohnya bangsa jerman mengembangkan burung kenari jenis baru yang diberi nama German Hartz Roller canary(harzer Roller). Burung kenari ini juga biasa disebut kenari Harzer karena banyak dikembangbiakkan di pegunungan hartz.

Belgia sebagai negara tetangga jerman juga berhasil mengembangkan burung kenari penyanyi bersuara merdu sebagai jenis yang paling di segani diarena kontes burung kenari penyanyi karena suaranya yang merdu dan memiliki sekitar 17 ragam suara. Burung kenari ini disebut Belgian Waterslager atau malinois, yang terkenal sebagai burung kenari penyanyi yang bersuara merdu.

Selain untuk dinikmati kemerduan kicauannya, burung kenari juga pernah digunakan dalam sistem peringatan dini untuk mendeteksi gas beracun, seperti karbondioksida, didalam penambangan batubabara di

Britania Raya. Namun penggunaan kenari dipertambangan akhirnya dihapuskan dan baru berakhir pada tahun 1986.

Jenis kenari lain yang berhasil di kembangkan di Eropa, diantaranya YorkShire, Border, Lizard, dan Gloster.

Negara-negara di luar eropa yang berhasil menciptakan jenis baru adalah

- Amerika Serikat dengan American Singr Canary

- Iran dengan Persian Canary

- Rusia dengan Russian singer Canary

Sedangkan indonesia termasuk negara penggemar kenari yang belum berhasil menciptakan jenis atau strain kenari khas indonesia.

Di indonesia burung kenari sudah lama dikenal dan penggemarnya sudah banyak mengawinsilangkan kenari yang bersuara merdu. Namun belum berani menampilkan jenis kenari hasil silangan yang menjadi ciri khas indonesia, seperti layaknya iran yang terkenal dengan kenari

Persia-nya.

Dari hasil pengamatan hanya ada beberapa yang mampu menghasilkan jenis baru yang lebih unggul baik dari segi bentuk maupun suaranya.

Inipun jarang sekali untuk dapat mempertahankan sampai keturunan berikutnya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keduanya.

Di Indonesia, menghasilkan kenari jenis yang baru hanya sebatas uji coba, tidak seperti yang dilakukan orang eropa yang dapat menghasilkan jenis baru dan mempertahankan jenis baru tersebut sampai keturunan berikutnya.

Sebagian penggemar kenari di indonesia mencoba melakukan kawin silang antara beberapa jenis kenari. namun, hanya sebatas mencari keturunan bersuara bagus atau mudah dididik untuk diisi dengan suara burung lain, hal ini mungkin karena sebai besar pemain kenari indonesia adalah pemain lapangan yang mengutamakan kualitas suaranya.

Cara Ternak

Tips ternak kenari

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

Adapun cirinya yaitu :

1. Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas sudah mulai belajar bunyi / ngriwik.

2. Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat.

3. Anus jantan bila dilihat ( dengan cara ditiup agar bulu disekitar tidak menghalangi) menonjol tegak lurus /vertikal, jika betina sebaliknya / horisontal.

4. Jantan dewasa berbunyi nyaring dan nge roll.

Membedakan Jenis Kelamin Kenari (Sexing)

Beberapa peternak burung kenari memiliki pengalaman dalam membedakan jenis kelamin jantan dan betina burung kenari. Berikut cara yang sering dilakukan untuk membedakan jenis kelamin burung kenari :

1. Melihat Fisik

Metode ini dinilai paling praktis karena penentuan jenis kelamin cukup dengan melihat secara fisik. namun metode ini kadang sering menemui kesalahan dan terjadi perbedaan penilaian. Karena itu, metode ini perlu pengalaman yang luas. cara membedakan secara fisik salah satunya dengan melihat dubur atau kelamin burung.

2. Menggunakan Pendulum

Metode ini berprinsip dengan kaidah grafitasi dan magnetik bumi. konsep dasarnya adalah gaya tarik menarik dan tolak menolak.

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini adalh peniti atau jarum yang digantung pada benang sepanjang 25 cm.

Selain peralatan, terdapat beberapa kondisi yang harus dipenuhi dalam melakukan metode ini, yaitu

- Gerakan pendulum tergantung darim kandungan hormonal burung, semakin dewasa atau sempurna kandungan hormonal, gerakan semkin kuat. karena itu pengujian sebaiknya tidak dilakukan pada burung kenari yang belum dewasa, karena kandungan hormonalnya belum sempurna. Minimumumur burung kenari yang bisa di uji dengan metode ini sekitar 4 bulan. Karena alasan inilah mengapa metode inisangat bagus untuk menentukan kesiapan burung yang akan dilakukan breeding.

- Selama melakukan pengujian dengan metode ini jauhkan benda-benda yang bersifat logam dari lokasi pengujian dengan jarak minimum 8 – 10 m. Benda-benda yang bersifat logam bisa berpengaruh terhadap hasil pengujian.

- pastikan pula selama pengujian, pendulum tidak terkena angin yang bisa mempengaruhi gerakannya.

- Gunakan logam untuk pengetesan, seperti alumunium, tembaga emas, besi, timah, perak, titanium, uranium, dan zink. jarum atau peniti juga bagus untuk digunakan.

Setelah peralatan disiapkan dan kondisi lingkunga disesuaikan, pengujian jenis kelamin bisa dilakukan.

Caranya yaitu :

- Pegang burung kenari yang ingin diketahui jenis kaelaminnya. usahakan tangan tidak bergoyang, agar jarum atau peniti tersebut benar-benar dalam kondisi diam.

- Gantung peniti dekat dahi atau dubur burung sekitar 2 cm jaraknya dari dahi atau dubur burung kenari tersebut.

- Tahan jangan bergerak maka peniti akan bergoyang.

Apabila jarum atau peniti bergerak kekiri kekanan seperti bandul lonceng dan gerakannya tegas, mengindikasikan bahwa burung kenari tersebut berkelamin jantan

Apabila jarum atau peniti tersebut bergerak berputar melingkar, mengindikasukan bahwa burung kenari tersebut berkelamin betina.

Memilih Kenari Indukan

Tujuan utama Beternak burung kenari adalah selain untuk mengembangbiakkan burung kenari, juga untuk memperbaiki kualitas burung kenari itu sendiri. Jadi dalam memilih kenari indukan ini perlu diperhatikan agar mendapatkan keturunan yang lebih baik. Biasanya para peternak kenari ini akan memilih burung kenari yang memiliki bentuk fisik yang tegap dan suara yang merdu.

Akan tetapi kadang-kadang banyak peternak yang kesulitan dalam memilih burung kenari betina yang bagus. Mungkin hal ini disebabkan karena burung kenari betina memang tidak berkicau seperti burung kenari jantan, sehingga sulit mengetahui apakah burung kenari tersebut pembawa gen burung kicauan yang baik atau tidak. Secara genetik terbukti bahwa induk burung kenari betina berpotensi dalam menentukan kualitas kicauan anakannya. tetapi kenyataannya banyak peternak burung kenari hanya memperhatikan kualitas burung kenari jantannya saja untuk mendapatkan anakan yang berkualitas bagus.

Jika anakan burung kenari jantan yang dihasilkan dari perkawinan tersebut ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, seringkali peternak akan mengatakan bahwa kenari betinanya tidak cocok dengan kenari jantan.

Padahal selain pada anakan burung kenari jantan, potensi anakan pada burung kenari betina pun, sebenarnya memiliki potensi yang bagus untuk menghasilkan anakan burung kenari jantan yang bagus di kemudian hari.

Burung kenari betina memiliki kromosom ZW yang berperan penting dalam menentukan jenis kelamin anaknnya.

Kromosom W akan diteruskan oleh anakan burung kenari betina, kromosom Z akan diteruskan oleh anakan burung kenari jantan.

Dengan meneruskan kromosom Z keketurunan yang berjenis kelamin jantan, berarti betina tersebut mewariskan kicauan indah yang berasal dari “ayah” kenari betina ke anakan kenari jantannya tersebut.

Oleh Karena itu jika peternak memilih burung kenari betina, sebaiknya tidak melihat dari kualiatas nyanyian saudaranya, tetapi dari kualitas nyanyian bapaknya.

Sarana Penunjang dalam beternak.

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini

sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

Pakan utama burung kenari

Meskipun Burung kenari pada umumnya mudah untuk makan, akan tetapi pakan yang diberikan kepada kenari harus seimbang kandungan gizinya. Pemberian pakan ini berlaku untuk kenari kontes maupun kenari indukan.

Pakan utama yang diberikan merupakan campuran dari berbagai macam biji-bijian. Biji-bijian yang biasa digunakan untuk pakan burung kenari ini diantaranya adalah biji kenari, biji niger, biji sawi, milet putih, otek bangkok, dan biji flax (Iin seed).

Diluarnegeri terdapat biji-bijian yang tidak ada di indonesia, seperti biji gandum, blue seed, dan biji rami (hemp seed). Biji-bijian ini tidak banyak digunakan oleh penggemar burung diindonesia dan sulit ditemui dipasaran karena harganya mahal dan masih bisa diganti kegunaannya dengan biji lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus terhadap burung kenari, setiap penggemar burung kenari mempunyai resep tersendiri dalam meramu pakan biji-bijian tersebut. Namun ada pula penggemar burung kenari yang membeli pakan dalam bentuk siap pakai yang dikemas dalam plastik, kardus atau kaleng.

Tip kebersihan pakan kenari

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam masalah biji-bijian pakan burung kenari adalah kebersihan dan kesegaran biji-bijian tersebut. Pakan biji yang tidak higienis bisa menyebabkan burung kenari menjadi sakit, bahkan mati. Untuk memnghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, berikut ini beberapa tip kebersihan pakan kenari, salah satu cara untuk mendeteksi kesegarannya, bisa dengan cara “mencicipinya” sedikit biji-bijian pakan tersebut.

Apabila terasa pahit atau berbau tidak enak, berarti biji-bijian pakan tersebut sudah tidak segar lagi atau terlalu lama disimpan. Ciri biji-bijian pakan kenari yang bagus berbau wangi dan terlihat segar.

Salah satu cara membersihkan biji-bijian pakan burung kenari bisa dengan menggunakan ayakan tepung gandum atau memakai tampah.

Untuk menambah kandungan nutrisi biji-bijian pakan kenari bisa dengan mencampur minyak ikan pada biji-bijian tersebut.

Jenis Sangkar Kenari

Sangkar burung kenari secara umum bisa dibagi menjadi tiga macam, yakni sangkar soliter, sangkar ternak, dan sangkar umbaran.

- Sangkar Soliter

Sangkar soliter digunakan untuk memelihara satu ekor kenari dalam satu sangkar. Biasanya sangkar soliter dipakai untuk sehari-hari, kontes dan latihan bersama.

Selain untuk kenari dewasa, sangkr soliter juga di gunakan untuk anakan kenari yang sedang disapih. Sangkar soliter yang biasa dipakai berukuran 40 X 40 X 70 cm.

bentuk sangkar soliter ada yang berbentuk kotak persegi panjang dan ada pula yang cembung bagian atapnya.

- Sangkar ternak

Sangkar ternak merupakan sangkar yang digunakan selama masa perjodohan sampai masa anakan bisa di sapih.

Saat menernakan kenari harus di pelihara dalam sangakar yang cukup besar dan paling tidak mempunyai dua tangkringan

Disarankan satu tenggeran ditempatkan didekat sarang agar saat belajar mandiri, anakan bisa belajar bertengger disana. Selain sarang, tempat pakan dan minum harus tersedia.

Bentuk sangkar ternak biasanya persegi panjang dengan ukuran sekitar 60 X 40 X 40 cm. hal yang penting kandang tersebut harus muat untuk dua kenari dan anaknya serta bisa dijadikan sarana untuk menjodohkan kenari.

- Sangkar Umbaran

Kenari betina, kenari yang sedang mabung, dan kenari yang sedang dilatih bisa diletakkan dikandang umbaran, terutama bagi anakan yang harus dipelihara sampai bulu mudanya berganti dengan bulu dewasa.

Anakan kenari yang sudah mandiri juga bisa dipelihara dalam sangkar ini.

Sangkar umbaran biasanya berukuran 150 X 50 X 65 cm. Sangkar ini berguna untuk memberikan kesempatan pada kenari agar bergerak bebas sehingga tetap sehat dan bugar.

Diluar negeri kandang ini disebut juga voliere karena biasa digunakan untuk memelihara burung dalam jumlah banyak. Diluar negeri mengalami masa mabung secara bersamaan, yakni pada musim panas. Untuk memudahkan pemeliharaannya, semua kenari tersebut dimasukkan kedalam sangkar umbaran.

Penempatan Sangkar Kenari

Penempatan sangkar kenari termasuk hal penting yang harus diperhatikan oleh pehobi burung kenari, karena penempatan sangkar kenari yang sembarangan akan membuat burung kenari menjadi tidak nyaman.

Penempatan sangkar kenari sebaiknya di tempat yang terang atau mempunyai banyak cahaya akan tetapi tidak panas. Perlu diketahui juga burung kenari tidak terlalu suka tiupan angin langsung yang kuat.

Apabila meletakkan sangkar diluar ruangan, usahakan letakkan di dekatkan dinding untuk menghalangi tiupan angin yang terlalu kencang.

Apabila sangkar kenari diletakkan didalam ruangan, ruangan harus memiliki ventilasi yang cukup tapi tidak terlalu besar yang penting bisa mengalirkan udara dan menjaga suhu ruangan.

Burung kenari termasuk burung yang sensitif terhadap gas dan racun lainnya, sehingga harus berhati2 dalam menggunakan pengharum udara, pewangi, parfum, dan bahan lain yang mudah menguap.

Hal lain yang perlu di perhatiak adalah agar semut tidak masuk kedalam sangkar, karena selain mencemari pakan semut juga bisa mengganggu kesehatan burung kenari. Cara menghindari semut bisa dengan memaparkan kapur anti semut disekitar gantungan sangkar kenari.

Proses penjodohan.

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka

langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll, Dijemur setiap pagi. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.

Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya

Perawatan

Mabung atau dikenal juga dengan sebutan ganti bulu merupakan proses yang terjadi secara alami pada semua jenis burung dalam menghadapi perubahan kondisi lingkungan dan masa umur burung.

Penyebab utama mabung belum diketahuai secara menyeluruh, tetapi menurut beberapa pehobi burung, mabung terjadi karena perpaduan antara usia, lama cahaya matahari menyinari burung tersebut, tingkat hormon, dan aktivitas burung.

Mabung pada kenari umumnya terjadi sekitar selama satu bulan, tergantung karakter burung kenari tersebut.

Tahapan Merawat Kenari

Burung kenari membutuhkan perhatian yang serius dari peternak, mulai sejak menetas hinggga dewasa atau semasa dalam perawatan oleh induknya.

Setelah berumur 25 – 30 hari, anakan burung kenari biasanya sudah bisa makan sendiri dan dipisah dari induknya. karena itu, pada saat anakan sudah bisa makan biji-bijian sebaiknya dipisah ketempat lain agar indukan bisa meneruskan perjodohan.

Namiun apabila anakan burung kenari belum terbiasa makan sendiri, sebaiknya diberikan pakan yang mudah dimakan, seperti telur rebus, tepung roti, sayur atau buah-buahan. jenis sayuran yang bisa diberikan adalah selada air, kangkung dan sawi. Sementara itu, jenis buah-buahan yang diberikan adalah apel, pir dan pepaya.

Selain pakan, pemberian air minum pun harus diperhatikan. Usahakan air minum untuk burung kenari ini selau segar dan bersih. tambahkan pula vitamin, seperti suplemen Gacor dan Vitalur, dua kali seminggu. Gacor diberikan 5 tetes dalam 20ml air minum, sedangkan vitalur diberikan saru tetes dalam 50 ml air minum atau 1 ml dalam 1 liter air minum.

Setelah berumur 1 – 6 bulan atau mulai beranjak remaja, burung kenari bisa ditempatkan didalam sangkar yang lebih besar agar kondisinya lebih baik dan merasa bebas, yakni dikandang umbaran.

hal yang perlu diperhatikan, saat melepaskan burung kenari dikandang umbaran, umur burung kenari dalam kandang tersebut harus sama.

Jika didalam kandang tersebut terdapat burung kenari yang sudah dewasa dan berkicau, kicauannya itu akan sangat mempengaruhi burung kenari remaja. Akhirnya burung kenari remaja tersebut akan menirukan suara yang pertama kali didengarnya.

Namun jika memang ingin mengisi suara burung kenari tersebut bisa juga dimasukkan dalam kandang tersendiri sehingga mudah melakukan pemasterannya.

Setelah berumur 6 atau 7 bulan, diusia ini biasany burung kenari sudah memasuki usia dewasa atau memasuki usia kawin. Biasanya pada usianya ini burung kenari sudah bisa berkicau merdu dan menirukan suara-suara burung lain. pada periode ini pemeliharaan memang tidak terlalu kritis seperti pada masa penyapihan. namun pemeliharaan harus tetap ekstra hati-hati.

Burung kenari yang sudah dewasa sebaiknya ditempatkan disangkar individu agar mendapat perawatan khusus. Burung kenari sebaiknya diperlakukan dengan hati-hati dan jangan sembarang meletakkan dekat dengan burung jenis lain, karena akan menyebabkan suara burung kenari tersebut akan menjadi “bocor” sehingga sulit untuk memaster kembali. Banyak pecinta kenari enggan memaster ulang burung kenari yang sudah bocor suaranya sehingga tidak bisa digunakan untuk kontes lagi. Burung kenari tersebut biasanya hanya digunakan sebagai indukan atau sekedar didengar suaranya.engkok jenis besar mempunyai frekuensi mabung dua tahun sekali.

Tips ternak kenari bagi pemula (lanjutan)

Setelah masa penjodohan berjalan dengan baik dimana induk jantan dan betina sudah terlihat akur kadang-kadang saling meloloh, proses selanjutnya yaitu mengkondisikan agar indukan bisa bertelor dan merawat anak dengan baik. Tidak lama setelah indukan di masukkan kedalam kandang ternak kenari betina akan bertelor, pada saat indukan kenari bertelor harus kita perhatikan beberapa hal diantaranya jika indukan kenari betina baru pertama kali bertelor harus hati-hati dalam penangannya. Jika salah dalam penangan bisa berakibat patal. Kita sebagai peternak jangan terlalu sering menengok sangkar ternak terutama pada saat induk betina sedang mendekam di sarang jangan sekali-kali memaksa melihat telor. Pada saat indukan sedang bertelor jangan lupa menyediakan tulang sotong atau kalsium makanan jangan sampai telat dan gizinya harus mencukupi.

Telor kenari akan menetas 14 hari setelah dierami, dua atau tiga hari menjelang telor menetas indukan harus dibiasakan diberi pakan lunak untuk anak-anak kenari. Makanan lunak ini yaitu biskuit, telor puyuh, taoge dll. Menurut informasi dari internet peternak-peternak luar negeri pada saat indukan meloloh anak suka memberi kecambah (taoge). kecambah sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. Dengan diberi kecambah anak kenari cepat besar dan sehat. Kebiasaan memberikan kecambah pada anak-anak kenari dilanjutkan sampai anak kenari bisa makan sendiri.

Adapun cara membuat kecambah yaitu pakan bijian seperti canary seed, millet putih, biji sawi di masukkan ke mangkuk kemudian dicuci sampai bersih. Setelah pakan dicuci bersih kemudian buang air dari mangkuk, jika air sudah terbuang semua mangkuk yang berisi pakan yang sudah dicuci bersih ditutup dengan kain basah. Diamkan sampai 1 malam periksa pakan apakah biji kenari, millet dan buah sawi sudah menjadi kecambah atau belum, jika belum cuci

bijian tersebut kemudian ditutup kembali dengan kain basah.

Kecambah diberikan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemberian kecambah pada sore hari jangan terlalu banyak cukup habis dimakan 1 atau 2 jam jangan sampai ada kecambah yang tertinggal semalaman karena takutnya malah menjadi bibit penyakit.

Selain diberi kecambah jangan lupa setiap hari diberi telor puyuh secukupnya, kalau telor cukup sehari 1 kali. Telor puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari, telor puyuh diberikan sampai anak-anak kenari usia 2 bulan. Untuk usia 2 bulan keatas telor puyuh dikurangi, efek pemberian telor puyuh menjadi anak kenari gendut-genduk. Pada usia 3 bulan keatas kenari diharapkan jangan terlalu gendut karena biasanya kalau kegendutan akibatnya malas bunyi.

Anak kenari akan tingal di sarang selama 21 hari, tetapi sebelum usia 21 hari anak-anak sudah bertengger di bibir sarang…..

Kendala-kendala dalam beternak kenari.

Beternak kenari merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa proses yang saling berkaitan, peternak diharapkan sabar dalam menjalani setiap proses yang dilalui. Dalam setiap proses ada beberapa hambatan yang cukup mengganggu, peternak harus bisa memecahkan setiap kendala. Banyak hambatan yang anda hadapi diantaranya :

Induk betina tidak mau bertelor penyebabnya bisa bermacam-macam di antaranya usia masih muda, tempat sarang kurang nyaman bagi induk kenari, ada binatang pengganggu.

Telor tidak menetas penyebabnya terdiri dari beberapa faktor yaitu indukan terlalu muda, birahi kedua indukan tidak bersamaan, indukannya steril, pada saat kawin tidak terjadi pembuahan dll.

Telor menetas tetapi anaknya mati setelah menetas penyebabnya yaitu indukan kurang gizi, ada binatang pengganggu sehingga induknya tidak mau meninggalkan sarang akibatnya anaknya tergencet.

Ada kebiasaan induk mencabuti bulu muda anaknya penyebabnya karena induknya sudah merasakan enaknya bulu muda dari anaknya, untuk menghilangkan kebiasaan ini cukup sulit pendapat saya lebih baik indukan diganti.

Penyakit Jamuran

Penyakit Jamuran pada burung kenari biasanya sering menyerang bagian kaki, sehingga kaki yang terserang penyakit ini akan tampak bersisik seperti pertumbuhan jamur yang berwarna putih.

Oleh karena itu para penggemar burung kenari bias menyebut penyakit ini dengan penyakit jamur atau jamuran. Namun penyebab penyakit ini adalah tungau yang menginfeksi bagian jari.

Penyebab utama penyakit ini adalah keadaan sangkar yang kurang terjaga kebersihannya, khususnya tempat bertenggernya burung kenari

Gejala Penyakit Jamuran

Pada jari-jari kaki burung kenari akan ada pertumbuhan kerak kulit seperti jamur berwarna putih kearah samping.

Apabila berlanjut penakit ini pertumbuhan kerak kulit tersebut semakin tebal dan memanjang sehingga kaki kenari terlihat tebal dan sulit mencengkram tenggeran.

Cara Mengobati Penyakit Jamuran

Untuk mengobati penyakit jamuran pada burung kenari ini, dapat di berikan obat No Kutu. Cara memberikannya yaitu dengan car mengoleskan obat tersebut kejari jemari burung kenari yang terdapat kerak putih tersebut. Cukup dioles satu kali pada sore atau malam hari. Biasanya dalam waktu sepuluh hari setelah pengobatan jamur dijari kaki akan ronto atau hilang.

Berak Kapur

Penyakit berak kapur ini di sebabkan oleh bakteri Salmonella Pullorum. Bakteri ini menyerang saluran pencernaan.

Penyakit berak kapur juga dikenal dengan Salmonellosis atau Pullorum.

Gejala Penyakit Berak Kapur

Burung kenari yang terjangkit penyakit ini bisa diketahui antara lain tanda-tandanya yaitu:

• Kotorannya berbentuk cair dan berwarna putih seperti kapur

• Nafsu makannya menurun

• Mukanya pucat

• Bulunya kusut tidak teratur

• Sayapnya biasanya menggantung

• Kelihatan tidak bergairah

• Pada stadium tertentu kenari sulit membuang kotoran

Pengobatan Penyakit Berak Kapur

Untuk mencegah penularan segera pisahkan dari burung kenari lainnya. Burung kenari yang sudah terkena penyakit ini segera diberi antibiotik Spektra secara intensif 3x sehari yaitu pagi, siang dan sore, masing-masing dua tetes langsung kedalam mulut burung kenari sakit tersebut.

Perlu diperhatikan juga pemakaian antibiotik ini tidak boleh sembaranga karena bisa berakibat fatal.

Cara memberi obat :

Untuk memudahkan memberi obat, yaitu jepit kepala burung kenari oleh ibu jari dan jari telunjuk. lalu obat diteteskan dari samping paruh agar obat bisa mengalir masuk kedalam mulut burung kenari tersebut.

Obat diberikan selama lima hari. untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya kenari banyak diberi buah apel.Pemberian pakan berupa telur atau kroto untuk sementara dihentikan.

Pencegahan penyakit berak kapur ini hampir sama dengan pencegahan penyakit kenari secara umum yaitu harus selalu menjaga kebersihan sangkar, makan dan minuman burung kenari.Usahakan sangakar selalu dibersihkan tiap hari dengan disinfektan atau bioseptik.Tempat makan dan minum dibersihkan setiap dua hai sekali.Air minum selalu diganti dengan air matang bersih dan sehat.

Ciri ciri kenari sakit

Burung Kenari biasanya baru kelihatan sakit apabila penyakit yang dideritanya sudah cukup parah.

Padahal untuk melaukan pengobatan pada burung kenari sakit, sebaiknya pada saat sakitnya masih belum parah.

Jadi sebelum burung kenari sakit parah kita harus mengetahui gejala awal burung kenari sakit. Adapun ciri-ciri burung kenari sakit diantaranya :

• Bulu kenari yang sakit biasanya kelihatan kusam (tidak mengkilap) ,kotor.

• Bulu-bulunya terlihat merinding terutama di sekitar kepala dan leher.

• Sorot mata kenari kelihatan sayu tidak bersemngat, bahkan kadang-kadang matanya suka terpejam seperti lagi tidur.

Jadi apabila anda melihat ciri-ciri burung kenari seperti diatas maka usahakan tanggulangi secepatnya dengan memberi obat yang sesuai dengan penyakitnya, Setelah kenari diberi obat langkah selanjutnya yaitu :

- Memberikan ketenangan

Upaya ini biasanya dilakukan dengan cara menjuhkan dan mengerodong sangkar burung kenari sakit tersebut, juga berguna agar tidak terjadi penularan pada kenari yang lain.

- Memberikan kehangatan

Supaya suhu dikandang menjadi hangat biasanya dipasang lampu dengan daya kurang lebih 40 – 50 watt atau bisa disesuaikan dengan daerah anda.

- Memberikan pakan ektra

Burung Kenari yang lagi sakit rata-rata tidak mau makan, untuk meningkatkan napsu makan bisa diberi makanan yang disenangi kenari seperti telor puyuh, biji sawi atau makanan lainnya.

Bahkan pada kasus-kasus tertentu kita harus menyuapi burung kenari agar mau makan, makanan yang diberikan harus yang mudah dicerna biasanya berbentuk bubur.

- Memberikan minuman

Burung Kenari sakit juga jarang mau minum, oleh karena itu kita harus membantu burung kenari sakit tersebut agar mau minum,

Adapun caranya bisa dibantu memberi minum dengan cara meneteskan air ke mulut kenari, ketika meneteskan air ke mulut kenari harus hati-hati jangan sampai masuk ke rongga pernapasan.

Ketika kenari sakit kalau tidak ingin repot bisa memasukkan obat ke dalam air minum kenari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s